Sunday, October 8, 2017

ATLM yang dulu bernama Analis Keehatan

Analis Kesehatan yang saat ini sudah berganti nama menjadi Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) adalah profesi di bidang medis atau kesehatan yang fokus dalam pelayanan pemeriksaan laboratorium. Saat ini popularitas profesi ini sedang naik daun, disebabkan oleh kesadaran masyarakat akan kesehatan semakin membaik, ini terbukti dari meningkatnya permintaan masyarakat untuk melakukan pemeriksaan laboratorium rutin dan  meningkatnya permintaan medical check up untuk pemeriksaan laboratorium.
Saat ini juga telah banyak dibuka sekolah-sekolah Analis Kesehatan/ TLM baru dan fakultas-fakultas yang mempelajari ilmu Laboratorium Medik. 
Analis kesehatan atau pranata laboratorium adalah bagian dari profesi di bidang kesehatan. Selama ini masyarakat lebih mengenal dokter, perawat, bidan, apoteker. Sedangkan analis kesehatan jarang dikenal.  Seorang analis harus memiliki ketrampilan dan tanggung jawab yang tinggi dalam pemeriksaan sampel. Hal ini berhubungan dengan adanya risiko yang fatal jika terjadi kesalahan.
Sebenarnya kalau dibanding denan profesi lain, maka ATLM adalah profesi yang paling unik dan banyak menemukan hal-hal yang keren ketika melakukan pemeriksaan, ya ini dikarenakan ATLM bekerja menggunkan mikroskop. Sehingga banyak menemukan mikrograf yang cantik.

Analis Kesehatan juga berarti profesi yang bekerja pada sarana kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan, pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan bukan berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor-faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan dan masyarakat. Sarana kesehatan ini berbentuk Laboratorium Kesehatan seperti Laboratorium Patologi Klinik yang memeriksa sampel berupa cairan-cairan tubuh manusia seperti darah, sputum, faeces, urine, liquor cerebro spinalis (cairan otak), dan lain-lain untuk mendapatkan data atau hasil untuk membantu penegakan diagnosa terhadap suatu penyakit. 

Cakupannya juga luas meliputi pemeriksaan mikrobiologi (bakteri), parasitologi (fungi, protozoa, cacing) hematologi (sel-sel darah serta plasma), imunologi (antigen, antibodi), kimia klinik (hormon, enzim, glukosa, lipid, protein, elektrolit, dll). 
Analis Kesehatan juga ada yang bekerja di Laboratorium Patologi Anatomi yang memeriksa sampel berupa jaringan hasil operasi (histopatologi). Selain itu Banyak pula yang bekerja di Industri makanan dan minuman, obat serta kosmetik karena dalam kurikulum pengajarannya terdapat mata kuliah Kimia Analitik, Kimia Makanan dan Minuman, serta Toksikologi. 


Semua cakupan Laboratorium Kesehatan yang disebut diatas berlaku baik milik pemerintah maupun swasta. 
Jumlah Analis Kesehatan masih sedikit sementara seiring dengan perkembangan IPTEK jumlah laboratorium kesehatan semakin bertambah banyak sehingga tenaga Analis Kesehatan sangat dibutuhkan. Jumlah analis kesehatan yang sedikit itu disebabkan karena emang sekolah untuk calon-calon analis kesehatan ini masih sangat jarang, yang berstatus negri dapat dihitung jari (di Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan). Sekolah buat calon petugas laboratorium ini umumnya baru sebatas diploma, biaya awal mendirikannya mahal (harus membuat banyak lab, membeli peralatan laboratorium dan bahan pemeriksaan harganya mahal), makanya hampir semua universitas-universitasdiindonesia belum berani menjadikanya prodi di tempat mereka.
Dalam waktu kurang lebih 3 tahun sudah bisa bekerja di laboratorium waktu yang cukup singkat, jadi harus menuntut ilmu lebih banyak lagi. Diploma analis kesehatan bisa melanjutkan DIV Analis Kesehatan atau strata satu (S1) Teknologi laboratorium Kesehatan, Kesehatan Masyarakat, farmasi, Biologi,dll (prodi S1 yang namanya Analis kesehatan belum ada). Untuk beberapa tahun kedepan sepertinya bakalan ada prodi strata satu (S1) Analis Kesehatan, organisasi profesi analis kesehatan PATELKI (Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Kesehatan Indonesia) sedang mengusahakanya.

Bahan bacaan :
http://polkaelf.blogspot.co.id/2012/04/blog-post.html
https://www.kompasiana.com/unchu/analis-kesehatan-profesi-yang-menjanjikan_55004bb5a33311bb745106dd

0 comments:

Post a Comment