Sunday, December 13, 2015

Spesimen pediatrik

Spesimen pediatrik  adalah sampel urin yang diambil dari anak-anak dengan wadah khusus dikarenakan pengambilan  urin pada anak-anak terkadang agak sulit. Pengambilan spesimen pediatrik dibutuhkan peralatan yang lembut, kantong plastik dengan perekat kulit  yang hypoallergenic untuk melekat pada daerah genital dari  anak laki-laki maupun perempuan pada saat mengumpulkan spesimen rutin. Prosedur pembersihan dan tempat penampung spesimen harus steril dan tidak menyentuh bagian dalam tempat penampungan ketika memasangnya. Untuk pengujian kuantitatif, tempat penampungan sampel yang tersedia harus memudahkan tabung lain  terpasang dan dapat dipindahkan ke wadah yang lebih besar. Persyaratan dari alat penampung spesimen pediatrik adalah :
ü Alat penampung harus tertutup rapat pada saat penampungan urin, dengan bentuk cocok disesuaikan dengan anatomi anak
ü Alat penampung didesain untuk memudahkan proses pengambilan urin pada pasien anak kecil atau pasien yang memerlukan perlakuan yang sama.
ü Permukaan perekat menahan dengan aman, mudah dilepas dan dilipat sehingga aman ketika jatuh dan dikirim ke laboratorium.
ü Desain yang cocok untuk bayi perempuan dan laki-laki.
ü Diproses dari bahan medis dengan perekat rendah alergi yang tidak menyebabkan iritasi pada kulit halus dari bayi
ü Steril,  tidak toksik dan bebas penyakit.
Prosedur pengambilan spesimen pediatrik :
1)  Untuk bayi dan anak kecil, penampung urin khusus dilekatkan ke kulit sekeliling area uretal.
2) Ketika penampungan selesai, urin dituang ke dalam gelas penampung atau dipindahkan langsung kedalam tabung sementara dengan selang perantara. Urin yang diperoleh dari popok tidak direkomendasikan untuk pemeriksaan karena kontaminasi dari bahan popok yang dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan. 

0 comments:

Post a Comment