Wednesday, January 15, 2014

Cara mengontrol gula darah

Banyak penderita DM yang merasa putus asa ketika mengetahui dirinya sudah divonis DM. Apalagi dengan banyaknya komplikasi DM yang sangat mengerikan bahkan banyak berakhir dengan kematian. Namun ternyata hal tersebut dapat dicegah asalkan disiplin dalam mengontrol gula darah. Berikut cara pengontrolan kadar gula darah yang meliputi : 

1.Penjagaan makanan. Penderita sebaiknya mengonsumsi makanan dengan karbohidrat rendah dan lambat menjadi gula. Perbanyak mengonsumsi buah dan sayuran terutama kubis, kacang panjang, dan paprika untuk memperbaiki fungsi pankreas. Pengaturan pola makan membutuhkan kedisiplinan. Sebaiknya konsultasikan dengan ahli gizi mengenai pola makan yang tepat bagi penderita DM. 

2.Olahraga yang teratur. Olahraga yang benar dapat memberikan beberapa manfaat, antara lain menurunkan kadar gula darah (dengan mengurangi resistensi insulin, meningkatkan sensivitas insulin), menurunkan berat badan, mencegah kegemukan, serta mengurangi kemungkinan terjadinya komplikasi 

3.Minum obat secara rutin. Penggunaan obat penurun gula darah diberikan setelah dengan cara pengaturan makan dan olahraga kadar gula darah belum terkontrol. 

4.Cukup istirahat dan menghindari stress. Faktor stress juga bisa berpengaruh terhadap peningkatan kadar gula darah. Peran dan dukungan dari keluarga sangat dibutuhkan untuk membantu dan mengingatkan penderita DM agar bisa mengelola penyakitnya dengan baik. Jika kada gula darah dapat  terkontrol dengan baik, insyaAllah tidak akan terjadi komplikasi penyakit DM. Semoga bermanfaat. 
Oleh : dr. Adika Mianoki

Sumber : Majalah Kesehatan Muslim edisi 2

0 comments:

Post a Comment