Saturday, June 22, 2013

Mikrobiologi


Mikrobiologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari mikroorganisme atau mikroba. Mikroba adalah organisme hidup yang ukurannya sangat kecil dan tidak dapat dilihat dengan mata biasa. Mikrobiologi berasal dari bahasa Yunani ; mikros = kecil, bios = hidup dan logos = ilmu. Mikrobiologi berhubungan erat dengan mikroskop yaitu untuk mengamati makhluk hidup yang sangat kecil dengan diameter kurang dari 1 mm. Makhluk hidup yang sangat kecil tersebut disebut dengan mikrobia, mikroba, mikroorganisme, protista atau jasad renik. Mikroba meliputi protozoa, algae, fungi, bakteri dan virus.
Mikrobiologi telah berkembang menjadi bermacam-macam ilmu yaitu virologi, bakteriologi, mikologi, mikrobiologi pangan, mikrobiologi tanah, mikrobiologi industri, dan sebagainya yang mempelajari mikroba spesifik secara lebih rinci atau menurut kemanfaatannya.
Setelah ditemukan mikroskop elektron, dapat dilihat struktur halus di dalam sel hidup, sehingga diketahui menurut perkembangan selnya terdapat dua tipe jasad, yaitu:
1. Prokariota (jasad prokariotik/ primitif), yaitu jasad yang perkembangan selnya belum sempurna.
2. Eukariota (jasad eukariotik), yaitu jasad yang perkembangan selnya telah sempurna.
Selain yang bersifat seluler, ada mikroba yang bersifat nonseluler, yaitu virus. Virus adalah jasad hidup yang bersifat parasit obligat, berukuran super kecil atau submikroskopik. Virus hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektron. Struktur virus terutama terdiri dari bahan genetik. Virus bukan berbentuk sel dan tidak dapat membentuk energi sendiri serta tidak dapat berbiak tanpa menggunakan jasad hidup lain. Perbedaan sifat antara virus dengan jasad bersel adalah sebagai berikut:
Struktur
Virus
Jasad Bersel
Satuan struktur
Partikel (virion)
sel
Susunan:
- Asam inti
- Protein
- Lipida
- Polisakarida
- ATP / energi

DNA / RNA
ada (selubung)
tidak ada / ada
tidak ada / ada
tidak ada

DNA dan RNA
ada, lengkap
ada
ada
ada
Sifat pertumbuhan:
- Terbentuk dari  bahan genetik saja
- Bagian-bagian disintesis sendiri
- Terbentuk langsung dari elemen struktur  sejenis yang ada sebelumnya

Ya  
Ya
Tidak

Tidak
Tidak
Ya

Oleh Laboratorium Mikrobiologi
www.labmikrobiologi.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment