Tuesday, February 7, 2012

Mycobacterium


Kingdom: Bacteria
Phylum: Actinobacteria
Order: Actinomycetales
Suborder: Corynebacterineae
Family: Mycobacteriaceae
Genus: Mycobacterium
Mycobacterium adalah genus dari Actinobacteria, familinya Mycobacteriaceae. Genus bakteri pathogen yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya pada mammalia, contohnya tuberculosis dan lepra. Dari bahasa Latin berawalan "myco—" yang artinya fungi dan wax; menghasilkan campuran berlilin di dinding sel.
Sifat Umum:
Mycobacteri adalah bakteri aerobic obligat.. Ketika mycobacteria tidak terlihat pas ke dalam kategori Gram-positive dari empirical standpoint (i.e. mereka tidak melakukan pewarnaan crystal violet), mereka diklasifikasikan sebagai bakteri tahan- asam Gram-positive mengacu kepada kurangnya membran sel. Semua spesies Mycobacterium dinding selnya lebih tebal dari bacteri lainnya berlilin, dan kaya akan asam mycolic/mycolates. Dinding sel membuat suatu kontribusi substansi yang dapat mempertahankan hidup genus ini. Waktu pembelahan 20jam. Koloni cembung, kering, kuning gading. Suhu pertumbuhan optimum : 370C. CO2 merangsang pertumbuhan.
Morfologi dan Fisiologi:
Mycobacteria berbentuk kurva atau lurus panjang halus diantara L:0.2-0.6 µm P: 1.0-10 µm, pada perbenihan berbentuk koloid dan berfilamen. Mycobacteria tidak mengandung endospora atau kapsules, dan biasanya Gram-positiv.
Perbenihan :
Perbenihan cair dengan medium asam oleat-albumin dan perbenihan padat dengan Loweinsten-jensen.