Monday, November 21, 2011

Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan adalah serangkaian komponen atau organ yang bertanggungjawab terhadap pemenuhan kebutuhan nutris sel, dengan menyediakan zat-zat yang siap digunakan sel, secara terus menerus, melalui serangkaian aktifitas muskular, sekretorik, pencernaan, dan penyerapan.
Fungsi sistem pencernaan adalah bertanggungjawab terhadap pemnuhan kebutuhan nutrisi sel. Caranya dengan menyediakan zat-zat yang siap digunakan sel secara terus menerus.
Pencernaan di mulai dari labia atau mulut. Di mulut terdapat gigi yang tertancap di rahang. Gigi melakukan fungsi muskular.
Pada kehamilan 6 bulan, bayi sudah memiliki gigi bening yaitu sebagai bakal gigi. Jumlah gigi pada bayi 6 bulan :
  • Gigi susu 5
  • Gigi seri 2
  • Gigi premolar 2
  • Gigi caninum 1
Beberapa pendapat mengatakan mengunyah makanan yang ideal adalag 32 kali, karena rata-rata manusia memiliki gigi sebanyak 32 gigi. Anak kecilyang demam akibat tumbuh gigi biasanya disebabkan gigi yang tumbuh menerobos lapisan tulang ketika masuk ke rongga. Ketika menerobos ada sel-sel yang rusak sehingga tubuh melekukan respon inflamasi.

Catatan :
  1. Vaskularisasi sistem pencernaan dilakukan oleh cabang-cabang arteri dari karotis eksterna ke mulut
  2. Vaskularisasi adalah pembuluh darah yang menyuplai oksigen dan nutrisi ke organ-organ pencernaan
  3. Inervasi adalah persyarafan yang mengendalikan mulut trigeninus yang berasal dari otak, mempunyai 3 cabang yaitu di mata, rahang, dan mulut(maksila dan mandibula)

0 comments:

Post a Comment