Wednesday, July 6, 2011

Trombosit di atas normal

Penyakit dengan kadar trombosit lebih dari normal (150-450) dikenal sebagai penyakit trombositosis. Trombositosis  dibagi menjadi 2 yaitu esensial dan reaktif. Jika menggunakan obat, trombosistosis didiagnosa sebagai 'trombositosis esensial'. Artinya ada gangguan pada sumsum tulang yang menyebabkan peningkatan pembentukan trombosit, pada orang tua kerap terjadi 'myeloproliferatif disease', terjadi gangguan pada sumsum tulang, sering juga dikatakan sebagai lesi prekanker.
Hydrea  digunakan untuk menekan produksi di sumsum tulang (membuat trombosit menjadi normal), bahayanya, bisa terjadi penurunan jumlah di semua komponen darah. Maka itu sebelum penggunaan hydrea harus dilakukan kontrol di laboratorium lalu ke dokter.
Trombositosis reaktif, biasanya hanya sementara dan terjadi akibat peningkatan produksi akibat adanya perdarahan atau penggunaan trombosit yang lebih dari biasa. Sebaiknya berkonsultasi pada Ahli Penyakit Dalam (Konsultan Hematologi dan Onkologi Medik) untuk diperiksa sumsum tulangnya, dan diketahui lebih mendetail penyebabnya.

0 comments:

Post a Comment