Wednesday, July 6, 2011

Apa sih Hematologi itu?


Hematologi adalah cabang ilmu kesehatan yang mempelajari darah, sel-sel darah meliputi pembentukan, fungsi, morfologinya baik fisiologis maupun patologis, organ pembentuk darah dan penyakitnya. Hematologi berasal dari kata Yunani ἁίμα (haima) yang berarti "darah" dan λόγος (logos) yang berarti "ilmu". Secara singkat hematologi artinya ilmu darah.
Hematologi merupakan cabang dari bidang kesehatan, fisiologi, patologi, bagian dari laboratorium klinis, dan pediatri yang berkaitan tentang darah, organ pembentuk darah, dan penyakit darah. Hematologi mencakup etiologi, diagnosis, pengobatan, prognosis, dan pencegahan penyakit darah. Pekerja laboratorium yang termasuk dalam bidang tentang darah sering dilakukan oleh teknisi medis terutama Analis Laboratorium Kesehatan. Dokter Ahli Darah juga sangat sering melakukan studi lebih lanjut di onkologi pengobatan kanker medis.
Dokter spesialis dalam hematologi dikenal sebagai Ahli Darah. Pekerjaan rutinnya terutama mencakup perawatan dan pengobatan pasien penyakit hematologi, bekerja di laboratorium hematologi darah dan melihat lapang pandang hapusan sumsum tulang, slide darah, di bawah mikroskop, menafsirkan berbagai hasil tes hematologi, dsb. Di beberapa lembaga, Ahli Darah juga mengelola laboratorium hematologi. Dokter yang bekerja di laboratorium hematologi,
dan paling sering mengelola mereka, adalah patolog spesialis dalam diagnosis penyakit hematologi, disebut sebagai hematopathologists. Ahli Darah dan hematopathologists umumnya bekerja bersama untuk merumuskan diagnosa dan memberikan terapi yang paling tepat jika diperlukan. Hematologi adalah subspesialisasi berbeda dalam ilmu penyakit dalam, yang terpisah  tetapi tumpang tindih dengan subspesialisasi onkologi medis. Ahli Darah mungkin lebih spesifik  atau memiliki keahlian khusus, misalnya dalam:
  1. Mengobati gangguan perdarahan seperti hemofilia dan purpura idiopatik thrombocytopenic
  2. Mengobati malignacies hematologi seperti limfoma dan leukemia
  3. Mengobati hemoglobinopathies
  4. Dalam ilmu transfusi darah dan pekerjaan bank darah
  5. Dalam sumsum tulang dan transplantasi sel induk

0 comments:

Post a Comment